Berita Gunung Bromo Terbaru Hari ini

Gunung Bromo

Berita Gunung Bromo Terbaru Hari ini – Informasi lengkap berita kabar terbaru terkini terupdate status Gunung Bromo saat hari ini.

Berita Gunung Bromo Terbaru Hari ini. Erupsi Gunung Bromo, Jawa Timur hingga kini masih berlangsung. Aktivitasnya juga masih fluktuatif atau naik turun. Hujan abu tipis juga mengguyur desa-disa di sekitar Bromo seperti Ngadisari dan Pos Pantau Gunung Api (PGA).

Pantauan Pos PGA Gunung Bromo pagi ini masih teramati asap putih kelabu kecoklatan yang membumbung hingga ketinggian 900-1.500 meter dari puncak. Abu vulkanis mengarah ke barat daya dan timur. Selain itu suara gemuruh dan dentuman juga masih terdengar dari kawah. Juga teramati sinar api dari dalam kawah.

Rekaman seismik 13 April 2016 menunjukkan gempa tremor amax antara 0,5-21 milimeter dominan 2 milimeter. Delapan kali VB Amax 11-21 milimeter dengan durasi 6-10 detik dan 34 kali hembusan, amax 10-36 milimeter, dengan durasi 17-52 detik.

Wisatawan masih bisa menikmati keindahan Bromo. Namun, tidak boleh masuk di radius 1 kilometer. Petugas Balai Besar TNBTS dan TNI Polri juga menjaga di bawah tangga menuju kawah untuk mencegah pengunjung yang nekat naik.

Erupsi Gunung Bromo hingga kini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan menurun terpantau sejak pukul 06.12 WIB tgl 18 April 2016, asap kelabu berwarna kecoklatan menyembur dari pusat kawah.

Aakun Twitter resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan asap kelabu mengarah ke timur laut. Ketinggiannya mencapai 1.500 meter dari puncak kawah Gunung Bromo.

Erupsi Gunung Bromo di mulai sejak 1 April 2016. Akibatnya status Waspada sudah ditetapkan sejak 26 Februari. Zona steril pengunjung Gunung Bromo ditetapkan 1 kilometer dari kawah.

Namun masih banyak pengunjung yang nekat melanggar zona itu dan naik ke kawah Bromo. Padahal Balai Besar Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru setiap hari menempatkan petugas di bawah tangga menuju kawah.

Berita Gunung Bromo Terbaru Hari ini | ahtechno | 4.5