Gerhana Matahari Total Hari ini 2017

Gerhana Matahari Total Hari ini 2017 – Gerhana Matahari Total Hari ini 2017 informasi Gerhana Matahari Total 2017 berita Gerhana Matahari Total 2017 terbaru hari ini.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu :

  • Gerhana total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
  • Gerhana sebagian, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
  • Gerhana hibrida, bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.
    Mengamati gerhana matahari

Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari Matahari) dapat membahayakan, karena mengakibatkan kerusakan permanen retina mata akibat radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana Matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Penggunaan kaca mata untuk menyaksikan gerhana tidak aman karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata. Karena cepatnya peredaran Bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit dan 58 detik, sehingga pengamatan sebaiknya dilakukan sesegera mungkin.

Pada 21 Agustus 2017 gerhana matahari total pertama untuk Amerika Serikat dalam 38 tahun terakhir akan dapat dilihat oleh puluhan juta orang. Siang itu berubah menjadi malam selama beberapa menit dimulai di Pacific Northwest dan berakhir di Southeast. Bayangan penuh dari bulan, yang dikenal sebagai path of totality, akan diawali dari Oregon melalui Nebraska melalui South Carolina. Bagian utara dan selatan, langit akan lebih gelap tapi bulan tidak akan benar-benar menghalangi matahari. Itu dikenal sebagai gerhana parsial. Semakin jauh Anda berasal dari path of totality, semakin sedikit matahari yang terhalang.

Saat langit gelap Anda akan merasakan suhu turun sedikit. Anda mungkin juga dapat melihat dan mendengar binatang dan serangga pergi ke siklus malam atau rutinitas malam harian mereka. Ingatlah bahwa itu bisa menjadi hari berawan namun di mana Anda berada langit akan tetap gelap. Lebih dari beberapa hari sebelumnya, akan sulit untuk mengetahui apakah langit mungkin berawan atau tidak.

Beberapa hal perlu menjadi perhatian saat gerhana matahari. Jangan melihat secara langsung pada gerhana matahari parsial. Itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada matamu. Jangan melihatnya melalui kacamata hitam, teropong, atau teleskop. Anda harus mendapatkan kacamata khusus yang dikenal sebagai kacamata pandang gerhana.

Fakta menarik dari peristiwa Gerhana Matahari Total 2017 :

1. Gerhana Matahari total hanya bisa terjadi jika.

Bulan berada di fase Bulan Baru. Sudut elongasi Bulan terhadap Matahari sama dengan nol derajat. Hal ini bisa membuat Bulan menutupi Matahari dalam pandangan dari Bumi. Namun, tidak setiap fase Bulan Baru bisa terjadi gerhana. Hal ini disebabkan karena orbit Bulan dalam mengelilingi Matahari miring sekitar 5 derajat.

Gerhana Matahari total hanya bisa terjadi di fase Bulan Baru bila posisi Bumi, Bulan dan Matahari sejajar dalam garis lurus. Sehingga pada saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

2. Amerika Serikat Menjadi Tuan Rumahnya

Tahun ini giliran Amerika Serikat. Jalur gerhana total diawali dari Lincoln City, Oregon, hingga terus bergerak ke tenggara di Charleston, Carolina Selatan. Dengan begitu, masyarakat Amerika Serikat tahun ini benar-benar beruntung. Selain hanya mereka yang dilalui jalur totalitas, gerhana juga terjadi di musim panas pada belahan Bumi utara.

3. Gerhana Matahari total pertama di Abad 21

Gerhana Matahari total pada 21 Agustus 2017 mendatang ini bakal menjadi yang pertama menyambangi Amerika Serikat di abad ke-21. Sebab, terakhir kali Amerika Serikat berkesempatan melihat gerhana Matahari adalah pada tahun 1979, sementara gerhana selanjutnya di Amerika Serikat baru akan terjadi lagi sekitar tahun 2024.

4. Gerhana Sebagai Pusat Penelitian

Gerhana Matahari total merupakan cara yang terbaik bagi ilmuwan untuk memahami atmosfer dan cara kerja Matahari dengan mengamati korona yang memang terjadi hanya di saat gerhana Matahari total berlangsung.  Dalam rangka pengamatan korona dan mempelajari penurunan cahaya juga kondisi suhu yang cepat berubah yang tentunya akan memengaruhi cuaca, perilaku hewan, dan tumbuhan pada puncak gerhana total, NASA mendanai 11 studi ilmiah terkait gerhana Matahari total 21 Agustus nanti.

5. Detik-detik Gerhana

Kontak pertama gerhana ditandai dengan adanya bayang-bayang Bulan yang memasuki Amerika Serikat di dekat Lincoln City, Oregon, pukul 09.05 waktu setempat. Totalitas dimulai di Amerika Serikat di Lincoln City, Oregon, pukul 10.16 pagi PDT. Titik terbaik greatest eclipse untuk gerhana Matahari total ini akan menyambangi Hopskinville, Kentucky, dengan durasi gerhana 2 menit 40 detik. Sementara titik berdurasi terlama akan terjadi di Carbondalle Marion, Illionis dengan durasi 2 menit 41 detik. Gerhana total akan berakhir di Charleston, Carolina Selatan, pukul 14.48 EDT. Bayang-bayang Bulan meninggalkan Amerika Serikat pada pukul 16.09 EDT. Sementara bagi area yang tidak dilalui jalur total akan mengamati gerhana Matahari parsial.