Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret

Hari Perempuan Internasional 8 maret 2016

Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret – Sejarah singkat hari perempuan internasional, pengertian peringatan hari perempuan internasional, peristiwa hari perempuan internasional tanggal 8 Maret.

Hari Perempuan Internasional 8 maret 2016. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Sejarah hari perempuan internasional. Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City.

Peristiwa hari perempuan internasional. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

Peringatan hari perempuan internasional. Di Barat Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional. emikian sekilas sejarah hari perempuan sedunia.

Cara Merayakan Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional tidak hanya tentang memberi bunga pada perempuan yang Anda hargai dan mengatakan padanya bahwa dia hebat. Hari ini, 8 Maret adalah simbol perjuangan yang dilalui semua perempuan di seluruh dunia untuk memperoleh kesetaraan dan hak serta sebagai pengingat bahwa jalan masih panjang. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu merayakan hari yang penting ini.

Pelajari sejarah Hari Perempuan Internasional. Ini untuk merayakan prestasi kaum perempuan serta mengakui pencapaian mereka dan perjuangan yang telah mereka lalui. Peringatan ini merupakan bagian dari gerakan buruh yang dimulai awal 1900-an di Amerika dan Eropa.
Hari Perempuan Internasional pertama dirayakan tahun 1909 untuk menghormati pemogokan para perempuan pekerja pabrik garmen pada tahun 1908 di New York. Para perempuan tersebut memprotes kondisi kerja mereka yang mengerikan.

Pelajari tentang perjuangan perempuan untuk kesetaraan di seluruh dunia. Para perempuan tidak hanya diabaikan seperti biasanya, tapi mereka mengalami penganiayaan, kekerasan, dan perbedaan upah berdasarkan gender. Bahkan di Amerika Serikat laki-laki dan perempuan jauh dari setara di mata hukum dan di mata masyarakat. Amerika Serikat menempati peringkat 17 dalam World Economic Forum’s Gender Gap Report.

Pelajari mengapa hari itu penting. Karena prestasi para perempuan, terutama yang berhubungan dengan rumah seperti membesarkan anak, bersih-bersih, memasak dan lain lain sering diabaikan dan diremehkan. Hari ini membantu mengingatkan orang-orang tentang kontribusi penting yang disumbangkan para perempuan di seluruh dunia.

Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret | ahtechno | 4.5
error: Content is protected !!