Informasi Kabar Terbaru Gunung Agung Hari ini

Informasi Kabar Terbaru Gunung Agung Hari ini – Informasi kabar terbaru Gunung Agung hari ini info berita terkini Gunung Agung kapan meletus.

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Pura Besakih, yang merupakan salah satu Pura terpenting di Bali, terletak di lereng gunung ini.

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut.

Bali telah memasuki masa kritis di level awas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga saat ini belum bisa memprediksi kapan Gunung itu akan meletus.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo menyebut, aktivitas Gunung Agung termasuk naik turun sehingga sulit untuk memprediksi kapan gunung tersebut akan meletus. Gempa vulkanik yang terjadi di sekitar gunung saat ini terhitung terjadi sebanyak 500 kali dalam sehari. Dengan kekuatan gempa rata-rata mencapai 3,5 skala richter.

Untuk kedalaman gempa telah berada di titik tiga sampai lima kilometer. Aktivitas di dalam Gunung Agung cukup meningkat karena masih banyak penyumbatan yang menghalangi erupsi magma dari dalam perut Gunung Agung.

Ketidakpastian terkait letusan Gunung Agung karena kurangnya data panjang erupsi letusan Gunung Agung. Bahkan data letusan yang terjadi pada 1963 pun tidak terlalu lengkap.

Jika Gunung Agung meletus antara Sepetember dan Oktober maka bisa dipastikan sebaran abi vulkanis bisa menyebar ke daerah Barat Daya dan Barat yakni daerah Jawa Timur.

Jika Gunung Agung meletus di antara November hingga Januari sebaran abu vulkanis akan mengarah ke Timur yakni bisa berdampak ke kawasan NTB dan NTT.

Untuk saat ini  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo menambahkan telah mulai mengungsikan sebanyak kurang lebih 48.540 ribu jiwa ke posko-posko pengungsian yang berada di radius enam kilometer hingga 12 kilometer Gunung Agung yang bisa terdampak letusan.

Hingga Minggu (1/10/2017), aktivitas Gunung Agung masih dinyatakan level IV alias awas. Artinya Gunung Agung masih dalam keadaan kritis. Kabid Mitigasi Gunungapi PVMBG Kementerian ESDM I Gede Suantika menjelaskan, hingga saat ini kegempaan masih fluktuatif.

Pemerintah Kabupaten Karangasem kembali merilis daerah yang masuk kawasan rawan bencana erupsi Gunung Agung. Dari 78 desa/kelurahan di Karangasem, 28 desa ataupun kelurahan dinyatakan masuk kawasan rawan bencana.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika menjelaskan, daerah yang kena dampak jika erupsi Gunung Agung bertambah satu desa lagi, yakni Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

28 desa yang masuk kawasan rawan bencana tersebar di enam kecamatan. Di Kecamatan Kubu ada Desa Tulamben, Kubu, Dukuh, Baturinggit, Sukadana, Ban, dan Tianyar.
Kecamatan Abang ada Desa Pidpid bagian atas, Nawakerti, Kesimpar, Datah, dan Ababi bagian atas.
Kecamatan Karangasem ada Kelurahan Subagan selain Desa Adat Jasri, Kelurahan Padang Kerta kecuali Desa Adat Peladung dan Desa Adat Temaga, dan Kelurahan Karangasem yang berdekatan dan dialiri Tukad (sungai) Janga.
Kecamatan Bebandem ada Desa Buana Giri, Budekeling dekat sungai embah api, Bebandem bagian atas, Desa Jungutan, dan Desa Bungaya Kangin.
Kecamatan Rendang ada Desa Besakih, Desa Pempatan bagian atas, serta Desa Menanga bagian atas seperti pemuteran dan sekitar.
Untuk Kecamatan Selat sebanyak lima desa, yakni Desa Duda Utara, Desa Amerta Bhuana, Desa Sebudi, Desa Peringsari bagian atas seperti Lusuh dan Padang Aji, serta Desa Muncan bagian atas seperti Pejeng dan berapa banjar di daerah sekitarnya.