Live Streaming Gerhana Matahari total 2016

Live Streaming Gerhana Matahari total 2016

Live Streaming Gerhana Matahari total 2016 –  Video Live Streaming Gerhana Matahari total 2016, jam tayang siaran langsung TV Online live streaming Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.

Live Streaming Gerhana Matahari total 2016, video gerhana matahari total 2016, video terjadinya gerhana matahari 2016, pengertian gerhana matahari total 2016. Tidak lama lagi fenomena alam yang sangat eksotis akan terlihat di Indonesia. Fenomena ketika siang yang terang benderang berubah gelap seakan malam. Hingga terlihat bintang-bintang dan planet-planet ketika siang. Bahkan hewan-hewan pun terkecoh oleh malam semu itu. Fenomena yang dimaksud adalah gerhana matahari total. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat menyaksikan Gerhana Matahari Total, pada 9 Maret 2016. Apalagi, Gerhana Matahari Total ini terjadi setiap 350 tahun sekali. BMKG menyediakan fasilitas livestreaming bagi masyarakat yang tidak bisa hadir langsung di lokasi Gerhana Matahari Total.

Live Streaming Gerhana Matahari total 2016 bisa anda saksikan di live streaming yang disediakan oleh BMKG. Video streaming tersebut dapat diakses di situs resmi BMKG.

Siaran langsung Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. BMKG juga mengungkapkan bahwa tidak berbahaya untuk melihat kejadian yang fenomenal ini. Namun sangat berbahaya jika melihat langsung pada saat terjadi gerhana sebagian dengan durasi yang lama sehingga perlu dihindari melihat langsung ke arah matahari.

TV Online Gerhana Matahari total 2016. GMT ini merupakan fenomena alam dimana pisis atau kedudukan matahari, bulan, dan bumi pada satu garis lurus. Dampak dari kejadian ini sebagian Bumi akan terkena bayangan gelap bulan sehingga tidak melihat matahari.

Video gerhana matahari total 2016. BMKG juga memberikan kontribusi dalam melakukan pengamatan terkait GMT. Beberapa wilayah yang akan dilakukan pengamatan mengenai GMT Gerhana seperti di Bengkulu, Palu dan Ternate. Sedangkan untuk pengamatan gravitasi akan dilaksanakan di Palu.

Kejadian ini sangat istimewa karena wilayah daratan yang dilalui gerhana matahari total hanya Indonesia. Kejadian yang jarang terjadi ini, akan melintasi 11 wilayah provinsi yaitu: Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Terdapat kota-kota besar yang diperkirakan akan dilalui Gerhana Matahari Total adalah Muko-Muko (Bengkulu), Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate.

BMKG juga akan melakukan pengamatan GMT. Tujuannya untuk mendapatkan informasi gangguan medan magnet bumi dan grativasi sebagai efek dari GMT serta rekaman peristiwa GMT. Untuk mengetahui perubahan terhadap variasi medan magnet bumi dan perubahan anomali grativasi, serta efeknya yang diukur dari tempat-tempat tertentu dari permukaan bumi.

Lingkup pengamatan GMT yang akan dilakukan di bawah koordinasi Deputi bidang Geofisika BMKG, khususnya Pusat Seismologi Teknis Geofisika Potensial, sekaligus Tanda Waktu ini menjadi pengamatan GMT di Ternate, Palu, Tanjung Pandan, dan Bengkulu.

Pengamatan juga meliputi grativasi di Palu, pengamatan medan magnet bumi di Palu, Manado, Kupang, Jayapura, Pelabuhan Ratu, Tangerang dan Tuntungan, Gunung Sitoli, dan Liwa. BMKG pun akan mengamatinya‎ dengan sebuah teropong saat terjadinya GMT.

Akan ada dua hipotesis yang diperoleh dalam pengamatan GMT ini. Pertama peristiwa terjadinya GMT akan menutup proses pemanasan dan ionisasi di lapisan ionosfer, sehingga arus ionosfer terganggu. Kejadian ini tentu akan mengakibatkan gangguan pada medan magnet bumi. Untuk mengujinya dapat dilakukan dengan membandingkan pengamatan magnet bumi di tepat-tempat yang dilalui GMT.

Live streaming Gerhana Matahari Total 9 maret 2016, bayangan bulan yang jatuh dipermukaan bumi akan melintasi kawasan Asia Tenggara, sebagian besar wilayah Australia, Mikronesia, serta berakhir di wilayah Samudera Pasifik. Video live streaming ini akan memberikan informasi mengenai waktu-waktu terjadi gerhana serta jenis gerhana yang dapat diamati di beberapa titik lokasi di kota-kota di Indonesia. Indonesia menjadi lokasi yang sangat baik untuk mengamati gerhana karena beberapa lokasi dilewati oleh jalur pusat gerhana total.

Gerhana matahari sebagian tentu berbeda dengan gerhana matahari total. Pada gerhana matahari sebagian masih ada piringan matahari yang tidak tertutupi piringan bulan. Sehingga langit siang tetap akan terang. Tidak terlihat bintang-bintang ataupun planet-planet. Tidak terlihat korona matahari. Tidak ada keriuhan yang sama.

LAPAN dan BMKG akan bekerjasama untuk menyiarkan langsung gerhana matahari total 9 Maret 2016. Bahkan kini telah ditetapkan 7 lokasi untuk menyiarkan secara langsung gerhana matahari total nanti. Diantaranya adalah Muko-Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balipapan, Palu, dan Ternate.

Organisasi maupun individual telah mengumumkan adanya layanan Live Streaming Gerhana Matahari Total di akun Youtube. Gerhana total sempurna akan terjadi pukul 07:19 WIB di kota Bengkulu, berlanjut ke Palembang pukul 07:21 WIB. Selanjutnya puncak gerhana matahari total di Bangka & Belitung pukul 7:23 WIB, Balikpapan pukul 8:34 WIB, Palangkaraya pukul 07:30 WIB, Kota Palu pukul 8:38 WITA dan Ternate pukul 09:52 WIT.

Jadwal Waktu Terjadinya Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 :

  • Mentawai, 06.20 WIB (1 menit 54 detik).
  • Palembang, 07.20 WIB (1 menit 52 detik).
  • Bangka Belitung, 07.21 WIB ( 1 menit 8 detik).
  • Tanjung Pandan, 07.22 WIB (2 menit 10 detik).
  • Sampit, 07.27 WIB (2 menit 8 detik).
  • Palangkaraya, 07.28 WIB (2 menit 29 detik).
  • Balikpapan, 08.33 WITA (1 menit 9 detik).
  • Palu, 08.33 WITA (2 menit 4 detik).
  • Poso, 08.38 WITA (2 menit 40 detik)
  • Luwuk, 08.41 WITA (2 menit 50 detik)
  • Ternate, 09.51 WIT (1 menit 9 detik)
  • Halmahera, 09.45 WIT (1 menit 36 detik)

Dengan dipilihnya banyak lokasi tersebut diharapkan bisa meminimalisir resiko cuaca buruk ataupun kesalahan teknis di suatu lokasi. Sehingga bisa mengurangi gangguan-gangguan yang mungkin terjadi selama siaran gerhana matahari total berlangsung. Untuk menonton live streaming gerhana matahari total 9 Maret 2016 silakan kunjungi beberapa situs berikut :

error: Content is protected !!