Puasa Bulan Rajab 2016

Puasa Bulan Rajab

Puasa Bulan Rajab 2016 – Informasi mengenai Niat Puasa Bulan Rajab yang jatuh pada hari Jumat tanggal 8 April 2016 menurut kalender Islam.

Informasi mengenai Niat Puasa Bulan Rajab, niat puasa rajab, puasa rajab 2016, bulan rajab 2016 jatuh pada tanggal, puasa rajab 2016 jatuh pada tanggal, 1 rajab 2016, kapan puasa rajab 2016, keutamaan puasa rajab, doa puasa rajab aka kami bahas di sini.

Pengertian dari Bulan Rajab yaitu bulan ke-7 dari penggalan Islam qomariyah (hijriyah). Momen Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW buat menerima perintah salat lima saat berlangsung pada 27 Rajab ini.

Bulan Rajab adalah salah satunya bulan haram, berarti bulan yang dimuliakan. Bulan Rajab termasuk dalam 4 bulan haram bersama 4 bulan lainnya yakni Dzulqo’dah, Dzulhijjah, serta Muharram.

Niat Puasa Rajab :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA
Artinya :
Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala

Keutamaan Puasa Bulan Rajab:

Diriwayatkan bahwa jika Rasulullah SAW :

“Siapa saja berpuasa pada bulan Rajab 1 hari, maka laksana ia puasa sepanjang satu bulan, seandainya puasa 7 hari maka ditutuplah untuk dia 7 pintu neraka Jahim, seandainya puasa 8 hari maka dibukakan untuk dia 8 pintu surga, apabila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan.”

“Pada malam mi’raj, aku melihat satu sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu serta lebih harum dari parfum, lalu aku bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril buat siapakan sungai ini? ”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini yaitu untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.